Senin, 19 Mei 2008

Lampu Sentir

Saya masih ingat betul ditahun 60 puluhan (ceritane mbah Suro selalu jadul) ditanah kelahiran saya lampu Petromax merupakan barang mewah, hanya orang mampu saja yang bisa memiliki lampu tersebut, itupun tidak setiap malam menyalakan lampu Petromax, hanya pada malam tertentu alasannya supaya awet dan hemat.

Bagi orang kebanyakan dan golongan "elit" (ekonomi sulit) setiap malam cukup menggunakan lampu sentiir untuk penerangan rumah, lampu sentir (lampu minyak tanah) biasanya dibuat sendiri dengan menggunakan bahan bekas umumnya dari bekas kaleng lem merk "KKK" dan pentil ban sepeda bekas pula yang dirakit sedemikian rupa sehingga menjadi lampu minyak tanah yang sangat membantu untuk penerangan pada malam hari.

Kebiasaan belajar bersama khususnya murid kelas VI SR, lampu sentir menjadi sangat penting apalagi menjelang ulangan umum dan ujian, walaupun hanya dengan lampu penerangan yang sangat sederhana, semangat belajar mereka luar biasa, dengan kesadaran yang tinggi tanpa ada paksaan dari guru dan orang tua. Akibat menggunakan lampu sentir untuk penerangan belajar biasanya lubang hidung berwarna hitam karena zat carbon yang terhisap. (Seperti Knalpot)

Guru kelas secara sembunyi dan diam-diam selalu memonitor pada setiap kelompok belajar, sehingga kalau ada salah satu murid yang tidak serius dalam belajar kelompok misalnya sambil guyon pasti esok hari kena teguran karena ketahuan, guru sekarang mana sempat?

Itulah semangat belajar murid-murid jaman dulu. Bagaimana supaya anak cucu kita punya semangat belajar yang tinggi ? Selama hayat dikandung badan kita terus belajar. Monggo dikomentari.........





6 komentar:

Indro Saswanto mengatakan...

Di jaman lampu senthir anak buahe mbah suro ( setan demit gedrwo tethekan banaspati ) masih banyak berkeliaran.......
Setelah kena lampu mercury pada lari masuk ke hati manusia....... berganti penampakan dan perilaku.
Dengan lampu sentir masih mau ngaji
ganti merkuri malah dansa dansi.
Pripun mbah?

Mbah Suro mengatakan...

Tetep masih keliaran Mas, nyatane malah sekarang banyak yang kesurupan masal.
Bersyukurlah, walaupun hanya dengan sentir cahayanya masih bisa menerangi hati kita, Amin....

paromo suko mengatakan...

pas listrik mati, kampung saya geger dahuru,
ibu2 penikmat sinetron koor: waaaaaaa....
anak2 kecil nangis krn takut gelap
yg gede marah2 krn bathuknya mbijig lingir lemari,
simbahnya cuma nggeremeng: walah, kopinya kesampluk tumpah ....,
kampungku malah meriah, banyak yang keluar dari rumah, bergerombol ngrasani PLN,
begitu listrik nyala, koor lagi: nhaaaaaaaaa......
lantas urusan masing2 berlanjut....

paromo suko mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

Unknown mengatakan...

saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m