Kamis, 15 Mei 2008

Korps Musik Tertua

Dibanding dengan Korps Musik sejenis, Korps Musik Dinas Pemadam Kebakaran termasuk yang tertua di Indonesia, berbagai acara telah diikuti, mulai dari acara yang ada dilingkungan Pemprop DKI Jakarta sampai acara kenegaraan hingga event-event internasional yang berlangsung di Indonesia, seperti Asean Games.

Pada awalnya Korps Musik ini dibentuk hanya sebagai penyalur hoby saja. Namun dalam perjalanan waktu dari sekedar hoby akhirnya menjadi Korps Musik yang dipakai untuk memberi semangat kepada Anggota Pemadam Kebakaran.

Tahun 1932 saat itu Dinas Pemadam Kebakaran masih bernama Brandweer Gemente Batavia dibawah pimpinan Bruickhuisen yang orang Belanda, melihat banyak potensi anggota pemadam kebakaran yang mampu memainkan alat musik tiup dari bambu. Hal ini tidak mengherankan, karena hampir sebagian besar anggota pemadam kebakaran waktu itu kebanyakan berasal dari daerah Manado, Selawesi Utara.
Bermodal keinginan kuat dari Bruickhuisen dimulailah penyediaan sarana peralatannya. Pembelian instrumen musik, khususnya musik tiup, tidak tanggung-tanggung peralatan musik didatangkan dari Amsterdam, Belanda. Hebatnya lagi dana pembelian berasal dari swadaya para anggota pemadam kebakaran yang punya hoby musik.

Sebagaimana tertulis pada buku Brandweer Batavia karangan GH Winokan, pada tanggal 27 Desember 1945 untuk pertama kalinya Korps Musik ini tampil pada acara kenegaraan yakni pada saat penyerahan kedaulatan Republik Indonesia dari Pemerintah Belanda. Saat itu Korps musik Pemadam Kebakaran mengiringi acara penurunan bendera Belanda serta pengibaran bendera Republik Indonesia.

Pada tanggal 28 Desember 1949 Korps Musik Pemadam Kebakaran diminta oleh Pemerintah RI, untuk tampil pada acara penyambutan kedatangan Presiden RI Bung Karno yang baru tiba dari Yogyakarta dengan memperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, penampilan ini sempat membuat Bung Karno terkesan, hingga beliau berkenan menghampiri dan memberikan perhatian kepada Korps Musik Pemadam Kebakaran yang dikomandani oleh Bapak A. Lala.

Dalam perjalanan waktu Korps Musik Pemadam Kebakaran pernah tampil dalam acara peringatan hari proklamasi di Istana Merdeka, pembukaan Asean Games tahun 1962 dan Ganefo tahun 1963. Sampai saat ini Korps Musik Pemadam Kebakaran DKI Jakarta masih berjaya. Semoga bukan karena menjadi Korps Musik tertua sehingga anggotanya harus tua juga. Bravo Pemadam Kebakaran...... "Pantang Pulang Sebelum Padam"



4 komentar:

Indro Saswanto mengatakan...

Miusieké brandweer nganggo ngoèng ngoèng karo thèng thèng gak yo?

Mbah Suro mengatakan...

Biasanya diawali Mars Satria Biru, lagu kebangsaan Pemadam Kebakaran DKI Jakarta. Ngoeng-ngoeng pasti, theng-theng wis ra ungsum....

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

Unknown mengatakan...

saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m