Rabu, 27 Agustus 2008

NGLANGI

Sewaktu aku masih remaja kebiasaan adus kali menjadi kesukaanku, apalagi kalo udara lagi panas sebentar-sebentar maunya nyebur kekali, bersama teman-teman adus kali bisa dijalani sampai berjam-jam, mata sampai memerah, telapak tangan keriput karena kedinginan, digigit lintahpun kadang tak terasa. Kalo kedua tanda ini belum hilang biasanya belum berani pulang kerumah, karena bakal ketahuan dan disenèni sama simbok dan bapak.

Keinginan untuk mengulang kembali saat-saat seperti itu tidaklah mudah, apalagi ditempat tinggalku sekarang ndak ada lagi kali yang jernih, hampir seluruh kali di Jakarta airnya buthek dipenuhi lumpur dan sampah, karena warga masyarakat ibukota tidak disiplin dan tidak ada kesadaran untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, kali masih dianggap sebagai tempat buang sampah gratis. Oalaah mbah…..

Suatu ketika pas ada kesempatan liburan akhir pekan, kami bersama seluruh keluarga dan keponakan memanfaatkan sedikit waktu luang untuk plesiran, kebetulan ditempat kami menginap ada kolam renang. Sungguh saat yang tidak diduga sebelumnya, karena bisa bernostalgia “adus kali walau hanya dikolam renang yang tidak luas, kami bisa melepas penat dengan adus bareng, nglangi, nyilem sambil guyon. Suasana yang langka ini sempat diabadikan anak saya seperti terlihat pada gambar. Uhuayy senengnya….

Ada yang nggak bisa nglangi? Kaciaan deh yang nggak bisa ……
Sebentar lagi bakalan ada banjir bandang dimana-mana lho…..

*) nglangi = renang, disenèni = dimarahi,


9 komentar:

Pursito mengatakan...

Kalau dulu Adul kali gratis, mau sehari deg kalau betah bisa. Sekarang kagak ada yang gratis, semua harus bayar. Dikampung saja tidak kali lagi, kalinya dangkal, penuh lumpur.

Anonim mengatakan...

di dekatku masih banyak danau mbah, kalo musim panas terlihat beberapa orang nglangi di sana, kayaknya asyik sekali, di dekat perumahan juga ada kali gedhe, tapi kayaknya blom pernah liat ada yg nglangi di sana, seringnya lihat angsa, bebek dkk, bahkan malah pernah ngliat seekor rusa liar berenang nyebrang kali , kayak nonton film saja

potretnya bagus ya bisa lurus begitu, suka nyelam juga nggak mbah, aku kalo pas nglangi di kolam renang suka nglempar uang receh terus balapan nyelam ngrebut recehan itu sama suami

Anonim mengatakan...

Mbah.. saya gaya batu, boleh ikut nggak?
Dulu ada teman yang kalau nyelam mengeluarkan gelembung2 buih kaya ikan kutuk. masih inget mbah?

Anonim mengatakan...

Nglangi nang segara kidul, jembar tur menantang tapi bahaya. Saya pernah nglangi di sungai Martapura Banjarmasin.

Raf mengatakan...

Mbah ..dulu saat masih remaja nglanginya pasti pas bulan puasa ya..sambil rendeman seharian nunggu bedug maghrib ....

Dimarah pak Ustadz tuh ...puasa kok rendeman ..he..he..

Ampun Mbah..ampun2 ...

Wassalam

Mbah Suro mengatakan...

*Mas Sito : Nglanginga gratis, penginapannya mahaall.
*Mbak Elys : Danaunya ada lintahnya mbak? Di pelabuhan penyebrangan Merak (Banten), anak-anak jago nangkap uang logam yang dilempar oleh penumpang kapal fery, mereka saling rebutan, tontonan gratis. Nglangi di danau diposting mbak! Fotonya pasti bagus deh.
*Joko Tarub : Yang bisa begitu Jumono, kalo nyelam susah dikejar dan susah ditangkep.
*Mas Mufti : Makasih sudah mampir, temenku nglangi di segara kidul ilang digondol olor (hiu)
*Mas Raf : Tau aja mas, ngilangin rasa dahaga he..he..he.. bentar lagi puasa lho.

Anonim mengatakan...

nggak ada mbah lintah di sini, mungkin karena cuaca di sini khan nggak sepanas spt di tanah air.
ntar kalo liat ada yg nglangi di danau tak coba memotretnya mbah, Insya Allah.

paromo suko mengatakan...

tetep semangat, mbah!!

Unknown mengatakan...

saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m