Selasa, 08 Juli 2008

PANTAI JATIMALANG

Tanggal 3 sampai dengan 7 Juli 2008 saya pulang kekampung halaman dalam rangka “nyekar” kemakam orang tua dan para leluhur saya di Kebumen dan Purworejo, karena masih ada sisa waktu saya sengaja “njajah deso milang kori” bersama mantan pacar, banyak kampung yang sudah lebih dari 40 tahun tidak pernah saya kunjungi sehingga ada keinginan kuat untuk melihatnya. Diawali dari desa saya Wingkomulyo kearah Wingkoharjo - Singkil kulon – Singkil wetan – Wonoboyo – Sruwoh – Ngombol langsung kearah selatan sampai ke Joso dan Laban, jalannya cukup lumayan bagus dan sebagian besar sudah diaspal.

Setiap sawah yang saya lewati terlihat padi mulai menguning sebagai tanda sebentar lagi akan panen raya pada musim kemarau. Beberapa desa sudah mulai panen padi dan seperti biasanya penjual “dawet” menjajakan dagangannya dengan cara “ngurup” yaitu barter dengan padi.

Sampai tahun tujuh puluhan panen padi masih menggunakan ani-ani, sekarang ani-ani sudah ditinggalkan petani, mereka memanen padi dengan cara memotong batang padi sampai pangkalnya dan bulir padi langsung dirontokkan dengan alat “serit” yaitu alat dengan bentuk silinder yang ditancapi paku dan diputar dengan rantai dan gir sepeda, alat yang sangat sederhana tetapi cukup membantu para petani untuk memanen padi.

Sebetulnya saya tidak ada rencana untuk pergi kepantai, tiba-tiba saya teringat pantai Jatimalang yang pernah saya lihat di Blog Forum Purworejo, saya penasaran seperti apa pantai Jatimalang, tanpa ada papan petunjuk arah yang jelas akhirnya saya sampai juga setelah beberapa kali bertanya. Dengan tiket masuk yang sangat terjangkau sebesar Rp. 1.000,- per orang dan tiket pakir kendaraan roda empat sebesar Rp. 3.000,-

Hari itu hari minggu dan ternyata lumayan banyak orang datang kesana untuk rekreasi yang kebetulan merupakan hari libur panjang bagi anak sekolah. Siang itu banyak perahu nelayan “mendarat” tetapi tidak tampak ada ikan dijual disana. Panasnya hamparan pasir laut terasa sekali. Tidak usah khawatir haus dan lapar karena banyak penjual makanan dan minunam bahkan rumah makan yang menyediakan masakan ikan bakarpun ada.

Sangat disayangkan pantai yang indah ini tidak dikelola secara baik, kalau Pemda Purworejo mau mengelola dan promosi wisata pantai ini, saya yakin tempat ini menjadi tempat tujuan wisata pantai yang menarik dan dapat memberi PAD bagi Pemda Purworejo.


Akses jalan menuju pantai Jatimalang adalah jalan alternatif pantai selatan yang menghubungkan Yogya – Cilacap. Sekarang sudah mulai dibangun dengan empat lajur jalan aspal yang mulus, semoga ini merupakan langkah awal dalam rangka promosi pariwisata Purworejo. Semoga menjadi kenyataan …….

8 komentar:

paromo suko mengatakan...

..... kapaaaan yaa, aku bisa niru si mbah?

Mbah Suro mengatakan...

Pasti bisa, nikmati pangsiun nanti dengan suko-suko njajah deso milang kori, usia boleh tua-semangat tetap membara.
Jakarta-Purworejo masih kuat stir sendirian lho mas..... Ayo niru....

Indro Saswanto mengatakan...

Boyoook... boyok.
Kapan2 balapan mBah.
Yo is alon2 waton klakon.
Memang simBah ini bikin iri.
Wass. tetap Semangat.........

Anonim mengatakan...

wah, mbah suro ki penjelajah juga ya? salut dengan perjuangannya menemukan pantai jatimalang. Nyuwun palilah, ngelink artikel meniko wonten ing forum purworejo. wisata -- pantai jatimalang.

Mbah Suro mengatakan...

Monggo Mas Medi, sekalian buat promosi wisata Purworejo.

Unknown mengatakan...

wah, panjenengan ngliwati desanipun simbah kulo he...he...
Salam paseduluran saking www.purworejo.asia

Pak Dandi mengatakan...

Buat yang berada di perantauan Yang Butuh Modal Usaha Atau Punya Utang Banyak,Minat Lewat Pesugihan Tanpa Tumbal Di jamin Aman Dunia Akhirat (Halal) ,telpon saja Ki Soleh Pati.
(((PESUGIHAN PUTIH UANG NYATA DARI ALAM GAIB DAN NIKAH SIRIH WANITA CANTIK JIN MUSLIM)))
Pengajar: Ki Soleh Pati.
Hp. 085 289 336 667.
Pesantren al-hikmah
Besuki-situbondo-jawa timur.
Jika anda mau ritual dirumah tanpa datang kepesantren.
Syarat -syarat.
-beli kain putih dan semprot dengan parfum.maka jin wanita akan siap membawa uang milyaran atau ratusan juta.
—PESUGIHAN PUTIH DANA BAROKAH.AMAN DUNIA AKHIRAT TANPA TUMBAL.
Cukup anda menyembelih hewan kambing sbg sesajen putih.anda akan dibawakan uang melimpah sama jin muslim.
-NIKAH SIRIH SAMA WANITA MENAWAN SAMA JIN MUSLIM.
Dengan menikahi jin muslim anda akan dibantu mencari perantara uang cepat kilat dan jin ini bisa berubah wujud desuai yang diinginkan sang suami/bisa seperti artis idola.
(( Jika kambing dapat uang seratus juta dan jika sapi akan dapat 1-5 milyar lebih))
Buktikan dan kami yakin anda akan bisa dan akan dapat uang melimpah dalam satu malam .
Ini nyata dan terbukti.silahkan anda ritual malam ini dengan bimbingan jarak jauh via telpon di :
085 289 336 667.
Pengajar:Ki Soleh Pati.
Hp. 085 289 336 667
Desa silobanteng-besuki-situbondo-jawa timur.

Unknown mengatakan...

saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m