Kamis, 24 Juli 2008

ADUS KALI

Mandi adalah kegiatan rutine bagi kehidupan manusia untuk membersihkan badan agar menjadi bersih dan sehat, dalam satu hari lazimnya dilakukan dua kali mandi pada pagi hari dan sore hari. Tidak ada ketentuan baku jam berapa seseorang melakukan kegiatan ini dan sangatlah relative.

Ketika saya usia sekolah dasar saya punya pengalaman mandi yang sampai saat ini tidak dapat saya lupakan, mandi yang satu ini adalah mandi disungai yang sangat populer pada waktu itu dengan istilah “Adus Kali” Kebiasaan adus kali ini bukan sekedar adus biasa, tetapi kegiatan bermain, renang, menyelam dan permainan lainnya yang sangat disenangi anak-anak.

Adalah Pak Tusino seorang Carik (sekretaris desa) yang terkenal sangat galak, setiap melihat segerombolan anak-anak adus kali langsung saja dia ambil ranting pohon untuk “menghajar” anak-anak yang sedang adus kali. Ucapan pak carik yang terngiang ditelinga saya adalah : “Mben ndino dusdusan kali, kupingé budeg, engko ra payu dadi tentara”

Saya menyadari setelah dewasa bahwa maksud pak carik benar dan baik, agar anak-anak terjaga kesehatannya, karena air kali yang kotor bisa saja mengakibatkan berbagai jenis penyakit termasuk diantaranya penyakit kulit dan budeg.

Beruntung saya bisa diterima menjadi anggota pemadam karena tidak budeg, kosok baliné setelah menjadi anggota pemadam malah rodo budeg, akibat seringnya mendengar bunyi sirine mobil pemadam kebakaran yang memekakkan telinga. Kalau nelpon saya nggak nyambung karena rodo budeg.......


- Budeg = Tuli, Tuli bhs Kebumen berarti selanjutnya.

17 komentar:

paromo suko mengatakan...

daerah bapak waktu kecil air kalinya berwarna kekuningan, ya? tapi belum terpolusi pestisida kan?
saya pernah juga adus di pancuran kali yang airnya berasal dari persawahan, bening, anget, seger

Mbah Suro mengatakan...

Iya mas banyune kuning tur buthek, lha pak carik sering marah krn tanggul kalinya sering jebol akibat buat plosotan anak-nak waktu adus kali.
Tapi bener lho mas, asyik banget, sampe bokonge dicakot lintah gak kroso.
Pulang kampung kemarin mau mbaleni nostalgila tapi kok isin, akhirnya cuma ngurup dawet he.. he.. he..

Anonim mengatakan...

Memang benar anak yg pernah kopoken kalau telinganya kemasukan air kotor akan meler lagi karena gendangannya sudah jebol, dan ia tidak akan diterima kalau daftar Abri/polri ataupun dokter.
Sedang penyebab awal kopoken adalah batuk pilek alias influenza. Mangkanya kalau inflensa cepet ke dokter biar gak kopoken biar bia jadi dokter / sorodadu.

Mbah Suro mengatakan...

Nyambung deh.... lha wong yang kasih komentar ahlinya. Makasih Pak Dokter

Anonim mengatakan...

di sini bisanya mandi di danau kalo pas musim panas tiba
salam

Mbah Suro mengatakan...

Saya banyak bercerita tentang "Jadul" kenangan masa kecilku. Terima kasih Elys berkenan mampir ke Blog saya, salam kenal juga.GBU

Pursito mengatakan...

Bahkan kalau mandi, ambyur dari pohon sono keling atau pohon trembisi, sekarang lalu berpikir, bahwa waktu itu tidak tahu resikonya, coba kalau dibawah ada kayu atau batu, apa jadinya??. tapi itulah masa anak2 yang susah dilupakan, ada satu lagi hoby masa anak2, yaitu nyolong pelem, padahal peleme kecut banget, namanya juga anak2 tidak ada salahnya.

Mbah Suro mengatakan...

Nyolong pelem.... Aku kelingan nyolong pelem ditempatnya Lik Sonto Jono, ketahuan sama mbah Sur, saya mau disonggrok pakai bambu. Saya ndepipis dipucuk pohon sambil nunggu mbah Sur nya pergi, begitu mbah Sur pergi saya mlorot langsung ngacir, untung nggak konangan.
Ampun Mbah Sur....

Anonim mengatakan...

Bedanya anak jateng sama jatim.
Dirumah saya ada pohon mangga gadung pating nggrandhul kengsreh tanah tapi aman2 saja. nggak ada yang nguthik2.
Tul yo mas? bisa di chek sama ki Paromo.

paromo suko mengatakan...

ada beberapa sebab:
(1) mblenger makan pelem, karena di rumah semua punya pohonnya
(2) sangat tahu adat dan aturan, bhw nyolong itu ndak boleh sama gus dur, cak nun dan wak kyai
(3) takut disanthet sampe kopoken
(4) pelemnya gak enak blas dan banyak semut ngangrangnya, jadi percumah dicolong
(5) sama yang punya ditulisi " boleh ambil sepuasnya, chratis"

Mbah Suro mengatakan...

** Eyang bethoro : lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya.
** Mas Paromo : Penyebab nomor 3 gak iso diobati. Ampun Eyang Bethoro...

Anonim mengatakan...

Aha.. pemandiannya mbah suro laris sik nyemplung wis wong rolas. Sabunne nopo mbah? lendhut sawah..??

Mbah Suro mengatakan...

Wis wis... saiki ganti lakon, lakone tuyul lan mbak yul....

Anonim mengatakan...

mbah kulo riyen inngih seneng nek adus kali......podho

Mbah Suro mengatakan...

Adus kali asyik banget lho mas, sampe disuluri lintah gak berasa.
Masnur nate disuluri lintah? Hiih....

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

Unknown mengatakan...

saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m