Kamis, 08 Januari 2009

PANTAI PANGANDARAN

Sebetulnya saya dan belahan jiwa (ngutip istilahnya Mbak Ely) sama sekali tidak ada rencana rekreasi akhir tahun ke Pantai Pangandaran, hanya secara kebetulan kami ada acara resepsi yang lokasinya tidak begitu jauh dari Pantai Pangandaran tepatnya di wilayah Kecamatan Gandrungmangu yang masih termasuk Kabupaten Cilacap bagian barat yang berbatasan dengan Kabupaten Ciamis, mampirlah kami ke Pantai Pangandaran.

Kami berangkat dari Purworejo, Kebumen, Buntu lewat Wangon belok kekiri arah Jeruk Legi dan menuju Kecamatan Gandrungmangu menempuh perjalanan kira-kira lima jam lewat Sidareja belok kekiri melewati daerah persawahan yang cukup subur dan menyebrangi sungai Citandui, akhirnya sampailah kami dipantai Pangandaran, dengan membayar sebesar Rp. 27.200,- satu kendaraan Kijang berikut seluruh penumpangnya (tanpa dihitung) masuk lokasi pantai Pangandaran. Tiket sudah termasuk premi asuransi, parkir dan retribusi sampah, wah komplit plit dah…

Di sepanjang pantai masih tampak beberapa bangunan rumah dan hotel yang rusak dan belum diperbaiki akibat terjadinya bencana Tsunami beberapa tahun yang lalu. Wisatawan yang berkunjung tidak terlalu banyak karena hari itu bukan hari minggu, Bus pariwisatapun bisa dihitung dengan jari, namun masih terlihat beberapa turis asing menikmati indahnya pantai.

Kesibukan para nelayanpun terlihat beberapa kelompok yang didominasi wanita sedang menarik jaring yang ditebar dengan perahu secara melingkar kelaut dengan mengambil radius lebih kurang 500 meter dari tepi pantai, setelah jaring ditarik kedarat ikan yang terjaring tidaklah banyak, hanya sekitar 2 Kg ikan teri bercampur dengan beberapa cumi-cumi dan ikan lainnya.

Itulah sekelumit gambaran pantai Pangandaran dengan teluk dan semenanjung yang luas menjadi indah dengan taman cagar alamnya. Ombak pantainyapun tidak terlalu besar sehingga memikat bagi siapa saja yang belum pernah berkunjung.

Selamat berwisata kepantai Pengandaran……..

10 komentar:

Anonim mengatakan...

mbah,, boten mbakar cumi?

Anonim mengatakan...

sowam pagi mbah...

Mbah Suro mengatakan...

*Eyang Bethoro: Banyak ikan basah dan ikan asin dijual disana. Saya beli cumi kering yang dibelah-belah sebungkus cuma Rp.7.500,- dimasak pakai cabe ijo wah nikmat banget. Top markotop...

*Mbak Ernut: Monggo mbak, lagi dibuatin teh manis kok buru-buru kondur, wis tak minum sendiri dah...

Anonim mengatakan...

yoooo pancen bedo mbah pangandaran karo jati malang Gone barang yo bedo

Mbah Suro mengatakan...

*Mas Karebed : Beda geografisnya, krn di Pangandaran merupakan teluk yang sangat luas sehingga ombaknya tidak terlalu besar, Pantai Jatimalang perlu dilengkapi sarana &prasarana yang memadai dan dipublikasikan secara terus menerus.

Dee mengatakan...

kok mboten kepethuk kaleh kulo mbah...kulo padhos hotel kamaripun kebak sedanten,malah nginepipun nyewo griyanipun tiang mriku sing caket laut.Eman lho mbah kok mboten sekalian teras nuju green canyon caket mriku.

Mbah Suro mengatakan...

*Mas Wir : Kudune janjian mas, iki kadang kelemahane kenalan lewat dunia maya, Lha aku pada-pada layat sak omah ora ngenali Bethoro Endro padahal mbiyen SR sakkelas. Horotoyo....

Anonim mengatakan...

wah mbah, belahan jiwaku lagi sakit, tadi habis tak antar ke dokter, padahal sabtu juga dah ke dokter jaga, dimohon sampai jum'at istirahat total,baru minggu depan boleh masuk, jadi maafkan kalo baru sempat sowan dan berkomentar

blom pernah ke pantai pangandaran mbah, cantik juga ya, bisa berburu sunset di sana ndak mbah ?

ada foto bu Suro cantik di blog, salam ya mbah buat beliau

Study For a Better Life mengatakan...

yao asyik bah fotonya aku pengin ke situ. belum pernah kunjungi pantai pangandaran. n kalau mhah suro mao ke gunung mampir ke sarangan gunung lawu asik loo....

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل