Minggu, 06 Maret 2011

WAYANGAN

Dalam rangka HUT Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Propinsi DKI Jakarta yang ke 92 dan HUT Pemadam Kebakaran Indonesia yang ke IV tepatnya tanggal 1 Maret 2011 di Monumen Nasional Jakarta, diselenggarakan gelar pasukan dalam penanggulangan bencana dengan berbagai demo pemadaman dan penyelamatan terhadap korban bencana.

Perayaan masih berlanjut dengan nanggap wayang semalam suntuk di Kantor DPK PB pada tanggal 5 Maret 2011 dengan dalang dari Karanganyar Gombong, yaitu dalang Ki Slamet Cermo Harsono dengan bintang tamu Bagong dan Wainten dari Cilacap.

Pagelaran wayang sungguh mendapat perhatian dari masyarakat, khususnya masyarakat Jawa yg ada di Jakarta, kursi yang tersedia tidak mencukupi, banyak penonton dengan rela berdiri untuk meninkmati hiburan gratis.

Saya sebagai orang Jawa yang sudah puluhan tahun tidak menikmati tontonan ini merasa ada yang aneh. Ternyata pagelaran wayang saat ini sudah "melenceng" jauh dari pakem, waktunya habis untuk 'Limbukan' dan 'gara-gara' dan lakonnya sendiri hanya "sak plenyeh" dan makna serta inti ceriteranya sendiri menjadi bias.

Sinden sebanyak 7 orang "menguasai panggung", bahkan salah satu sinden turun ke arena penonton dengan minta saweran, sungguh memalukan dan mencederai kesenian wayang itu sendiri. Padahal mereka ditanggap dengan bayaran penuh, itulah yang saya bilang "aneh" dan menyimpang dari pakem.

Mungkin juga ada benarnya, kalau pagelaran ini dilaksanakan sesuai pakem akan ditinggalkan penonton yang mayoritas penonton usia muda. Yah itulah dunia wayang kulit saat ini. Masih akankah bertahan kesenian ini? Walahualam......

Harapan saya masih ada generasi penerus yang masih mau dan peduli untuk mempertahankan kesenian ini. Semoga.......

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Memang wayang sekarang sudah jauh melenceng dari pakem demi tenar dan keanjutan kesenian wayang. dengan alasan tak ada penonton, maka wayang kadang di kolaborasikan dengan dangdut dan campur sari sehingga penonton akan tetap bertahan setidaknya sampai goro-goro.Itu terjadi karena kurangnya kemampuan dalang dalam meracik kata/kalimat yang mengandung wejangan ( nasihat ) kehidupan bagi para penonton. dengan demikian maka crita wayang akan terhenti karena kehabisan bahan wejangan, yang berakibat ditinggalkan penonton dan akhirnya dikolaborasikan dengan bentuk kesnian lainnya.

Anonim mengatakan...

Pernah aku menonton wayang dengan dalang Ki Timbul Cermo Manggolo ( Ki Timbul Hadi Prayitno setelah mendapat gelar luran dalang kraton Ngayogyokato Hadiningrat )dengan cerita Wahyu Makuthoromo yang pada hakikatnya memberikan nasihat bagi pata pemimpin agar memiliki 8 sifat dewa :
1 Sifat dewa Surya
( Matahari )memberi pepadang
( terang )dan energi kepada semua makhluk tanpa pilih kasih. Hendaknya sifat pemimpin dapat menjadi teladan dan penerang penerang bagi kekalutan/ kegelapan yang dialami kawulonya
2. Sifat dewa Bayu ( Angin ) pemberi kesegaran dan seekali sebagai pemberi peringatan tentang bergantinya musim/iklim. Hendaknya pemimpin dapat menjadikan kesegaran jiwa ( psikhologis ) bagi para kawulonya sehingga kawulo dapat dengan aman tenang dan tenteran menjalani kehidupan.
3. Sifat dewa Baruna ( laut ) tempat berkumpulnya sembarang kotoran yang berasal dari sungai namun mampu memprosesnya seagai zat garam yang dapat membuat kelezatan dalam kehidupan. Sebagai pemimpin mampu dan menerima cercaan/cemoohan kritikan baik itu yang membangun maupun yang menjatuhkan dan mengolahnya dengan daya nalar dan emosi [positip) dan mengubahnya menjadi semngant melayani demi kehidupan tenag para kawulonya. Dst. sifat dewa Brama
( api )dewa Hendra ( hujan )dll. sehingga wayang semalam suntuk penuh dengan wejangan. dan perlu dietahui bahwa Alm. Ki Timbul Cermo Manggolo bukan tida mampu menyuguhkan limbukan tetapi memang tidak suka limbukan. sehingga kalau di prosentase kurang lebih sbb; Alur cerita 50 -60 % goro-goro 20-25 %, dan wejangan sisanya.

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل